Monday, June 8, 2009

KUALIFIKASI PD ZONA AFRIKA: NIGERIA TELAN KENYA, KAMERUN-MAROKO IMBANG

Grup A
Kamerun 0-0 Maroko
Tim Singa Perkasa ternyata sama kuatnya dengan Singa Atlas.

Kamerun gagal memanfaatkan kesempatan bermain di depan pendukung sendiri untuk memetik angka penuh setelah pada pertandingan perdana Grup A ditaklukkan Togo, 1-0.

Carlos Kameni melakukan kesalahan tak perlu pada menit kedelapan, tapi untungnya tak mampu dimanfaatkan penyerang lawan. Kamerun mendapat pukulan telak ketika striker andalan, Samuel Eto'o, menderita cedera setelah bertabrakan dengan kiper Maroko, Nadir Lamyaghri.

Kegagalan Daniel Kome menuntaskan dua peluang yang diperolehnya sepanjang babak pertama makin memuramkan nasib tuan rumah. Meski penampilan Kamerun lebih baik pada babak kedua, kedudukan tanpa gol tetap terjaga hingga akhir pertandingan.

Hasil ini menjadi preseden buruk juga bagi Maroko, yang juga mengalami kekalahan 2-1 dari Gabon pada pertandingan perdananya.

Posisi puncak klasemen Grup A kini diduduki Gabon dengan raihan nilai sempurna dari dua pertandingan.

Grup B
Nigeria 3-0 Kenya
Tuan rumah Nigeria masih terlalu tangguh untuk dihadang Kenya.

Baru dua menit pertandingan berjalan, Ikechukwu Uche sudah membuka kedudukan. Penyerang asal Getafe ini bekerjasama dengan kakaknya, Kalu Uche, menyusul sapu bersih yang buruk dari bek George Owino, sebelum menjebol gawang lawan.

Ikechukwu terus mengancam pertahanan Kenya. Penampilan Elderson Echejile juga layak mendapatkan pujian karena kerap membantu serangan tim Elang Super dari sektor bek kiri yang ditempatinya.

Kegembiraan publik stadion Abuja National baru membuncah pada paruh kedua pertandingan. Pada menit ke-73, Victor Obinna sukses menjebol gawang Arnold Otieno melalui titik putih. Empat menit kemudian, Obinna menambah koleksi golnya dan memantapkan kemenangan Nigeria.

Hasil ini membawa Nigeria menguntit Tunisia di klasemen Grup B dengan raihan empat poin, selisih dua dari sang pimpinan grup.

Grup D
Benin 1-0 Sudan
Benin sukses memetik angka penuh pertamanya pada putaran final kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Afrika Grup D.

Setelah mencuri poin saat menghadapi Mali, Sudan tampil penuh percaya diri. Tapi, Benin tak mau dipermalukan di depan publik sendiri. Tuan rumah mengawali pertandingan dengan baik dan terus menekan pertahanan lawan.

Gol kemenangan Benin tercipta melalui tekanan bertubi-tubi pada menit ke-22 melalui Razak Omotoyossi.

Pendukung tuan rumah layak merayakan gol tersebut karena hingga akhir pertandingan, Sudan tak mampu membalasnya.

Kemenangan Benin meramaikan persaingan Grup D. Dua tim lain, Ghana dan Mali, saling berhadapan dan hingga berita ini dilansir, pertandingan masih berlangsung.

Grup E
Guyana 1-2 Pantai Gading
Tak mau kalah dengan catatan sempurna Burkina Faso sehari sebelumnya, Pantai Gading meraih kemenangan di kandang Guyana.

Sempat menghadapi perlawanan sengit tuan rumah, Pantai Gading mencetak gol pembuka melalui Bakary Kone tepat sebelum peluit jeda. Akan tetapi, pertandingan kembali menghangat ketika Guyana mencetak gol balasan melalui Sambegou Bangoura pada menit ke-65.

Kemenangan Pantai Gading akhirnya ditentukan oleh gelandang asal Sevilla, Romaric, pada menit ke-72.

Hasil ini membawa Pantai Gading dan Burkina Faso bersaing ketat di puncak klasemen Grup E.

saya kutip dari m.goal.com

Free n Easy Webhosting Plus Earn Money

TRY THIS

0 comments:

Post a Comment